Pemberdayaan Perempuan, Fokus Kolaborasi Martha Tilaar Group dengan Asia Pulp & Paper

image

Usai melaksanakan agenda penerimaan penghargaan SDG Pioneers 2018 dari United Nations Global Compact di New York, Dr. (H.C) Martha Tilaar juga dijadwalkan mewakili Martha Tilaar Group untuk melakukan penandatanganan kerja sama dengan PT Asia Pulp & Paper  (APP) (26/9). Kerja sama kedua perusahaan ini terkait dengan upaya pemberdayaan perempuan yang juga menjadi fokus kedua perusahaan.

Melalui kerja sama ini, sebanyak 1.000 perempuan akan mendapatkan pelatihan bagaimana mengenali dan mengolah tanaman herbal lokal yang berpotensi, sehingga mereka dapat menciptakan kewirausahaan dalam komunitas yang mampu memberikan alternatif mata pencaharian bagi diri mereka dan keluarganya. Target pembekalan dan pelatihan ini diharapkan dapat terealisasikan pada tahun 2020.

Martha Tilaar Group sendiri telah lebih dulu memulai pemberian pelatihan kepada para calon terapis spa di Kampoeng Djamoe Organik Martha Tilaar di Cikarang, dengan memberikan paket beasiswa penuh bagi para perempuan muda yang berasal dari keluarga ekonomi lemah. Hingga saat ini, Martha Tilaar Group telah melatih lebih dari 7.500 perempuan dari berbagai keterampilan seperti terapis profesional, pengusaha jamu, dan pengelolaan keuangan.

“Menjadi sebuah kehormatan bagi APP dapat berpartner dengan Martha Tilaar Group dalam hal pemberdayaan perempuan dalam komunitas perkebunana. MTG telah memiliki track record yang telah terbukti dalam pemberdayaan perempuan di Indonesia dan menjadikan kaum perempuan semakin mandiri. Hal ini sangat sesuai dengan misi APP dalam melestarikan hutan dan mengurangi kemiskinan,” ujar  Goh Lin Piao, Managing Director APP. Hal ini juga disambut baik oleh Dr. Martha. Menurut beliau, ini merupakan kesempatan yang baik karena MTG dapat memperluas jangkauan program pemberdayaan perempuannya. Kedua pihak berharap, kolaborasi ini dapat memberikan kontribusi pada peningkatan kemampuan kaum perempuan dan pengurangan kemiskinan.

Kolaborasi ini tentu saja selaras dengan UN Sustainable Development Goals, terutama di bidang Pengurangan Angka Kemiskinan, Kesetaraan Gender, Pertumbuhan Ekonomi dan Bisnis, serta Kerja Sama untuk Kesuksesan SDG Goals.