Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara PT Martina Berto, Tbkdan Clariant Mengenai Distribusi Estsrak

image

Indonesia memiliki kekayaan alam terbesar kedua di dunia setelah Brazil, sayangnya belum dimanfaatkan secara optimal. Sejalan dengan visi dan misi Martha Tilaar Group untuk memanfaatkan kekayaan alam Indonesia, PT Martina Berto, Tbk  yang merupakan salah satu unit bisnis Martha Tilaar Group pun berkomitmen untuk memanfaatkan kekayaan alam asli Indonesia  dalam setiap produk berkualitas yang dihasilkan melalui inovasi anak bangsa yang bernilai ekonomi.

Konsistensi dan inovasi atas produk-produk kosmetik dilakukan dengan menggali kearifan budaya lokal dan meneliti berbagai jenis Tanaman Obat, Kosmetik  dan Aromatik (TOKA), aneka bunga dan buah, serta membudidayakan pengembangan tanaman-tanaman tersebut melalui Kampoeng Djamoe Organik (KaDO) Martha Tilaar. Beragam produk telah dikembangkan, termasuk inovasi ekstrak mulai dari eksrak buah langsat, bunga kembang sepatu , cabai, kemangi, meniran, remujung, pegagan, jeruk purut, tebu, manggis, delima, Java Complex, dan Oxi Complex.

Tak hanya itu, PT Martina Berto, Tbk melalui Martha Tilaar Innovation Center (MTIC) juga mengembangkan dan memproduksi bahan aktif alami yaitu Ekstrak Berto yang menggunakan hasil sumber daya alam Indonesia, baik untuk kebutuhan internal maupun untuk ekspor. Upaya ini dilakukan untuk mengurangi ketergantungan pada bahan baku impor, karena hampir 35% bahan baku yang digunakan untuk produksi kosmetik dalam negeri merupakan bahan baku impor. Ekstrak  Berto merupakan buah pemikiran dan kerja keras tim Research & Development yang berada di bawah pimpinan Kilala Tilaar selaku Corporate Creative & Innovative Director Martha Tilaar Group. Tim inilah yang kemudian membuka jalan atas terjadinya kerja sama antara PT Martina Berto, Tbk dengan perusahaan distribusi internasional, Clariant Asia Pasific.

Kerja sama ini juga merupakan salah satu bentuk kontribusi Martha Tilaar Group dalam mendukung upaya mempromosikan ekspor produk-produk domestik Indonesia dan meningkatkan kinerja ekspor Indonesia seperti yang telah digarisbawahi oleh pemerintah dalam beberapa tahun terakhir. Kolaborasi antara PT  Martina Berto, Tbk dengan Clariant Asia Pasific yang akan segera berjalan terkait pemasaran 12 produk inovatif dari PT Martina Berto, Tbk dengan memanfaatkan jaringan internasional Clariant. Kerja sama ini diawali denga penandatanganan perjanjian kerja sama yang diwakili oleh Direktur PT Martina Berto, Tbk Kunto Widarto dan Head of Business Unit Industrial and Customer Specialities Clariant Asia Pacific, Francois Bleger pada Senin (1/8) kemarin. Semoga kerja sama ini akan memberikan kontribusi pada peningkatan pertumbuhan ekonomi, tidak hanya dalam skala perusahaan, namun juga nasional .