Selamat! Indonesia Raih 34 Medali Asian Skills Competition 2018

image

Sekembalinya dari ajang Asians Skills Competition XII 2018 yang beralangsung di Bangkok, Thailand pada 31 Agustus-4 September 2018 lalu, para delegasi Indonesia langsung dijadwalkan menerima penghargaan dari Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri. Diselenggarakan di Gedung Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Jakarta (6/09), pemberian penghargaan dibuka dengan sambutan dari Hanif.

“Selamat kepada para kompetitor yang telah berjuang untuk Indonesia. Tiga puluh empat medali yang berhasil kita raih menjadi tanda bahwa Indonesia bisa, Indonesia kompeten, dan siap bersaing dengan negara lain. Melalui Asian Skills Competition, kita berharap Indonesia akan memiliki role model bagi para calon pekerja yang berkualitas di Indonesia,” ujar Hanif.


Dalam Asian Skills Competition 2018, Indonesia berhasil meraih 34 medali yang terdiri dari 13 medali emas, 3 medali perak, dan 7 diploma. Perolehan ini membawa Indonesia ke peringkat ke-2, yang disusul oleh Vietnam dan Malaysia. Untuk juara umum diraih oleh tuan rumah, Thailand. “Meski demikian, nilai rata-rata yang diperoleh oleh tim Indonesia lebih tinggi dari Thailand. Indonesia memperoleh 717,66 dengan 44 peserta di 22 kejuruan sedangkan Thailand memperoleh nilai 707,81 dengan 52 peserta di 26 kejuruan,” tambah Menteri Ketenagakerjaan.

Salah satu peraih medali emas dalam Asian Skills Competition 2018 adalah Miftakhul Jannah Ramadhani. Perempuan yang akrab disapa Mefta ini berhasil keluar menjadi juara 3 seleksi Nasional di bidang Hairdressing. Sebelum berangkat ke Bangkok, Mefta mempersiapkan diri dengan menjalani pelatihan intens di Puspita Martha International Beauty School selama satu tahun. Tak sampai di situ, keterlibatan Puspita Martha juga berlanjut hingga kompetisi. Pinkan Tilaar selaku Direktur Puspita Martha International Beauty School pun turut membimbing Mefta sebagai Expert pendamping selama Asian Skills Competition 2018. Bersama Mefta dan Pinkan Tilaar, Dr. (H.C) Martha Tilaar juga turut hadir dalam acara pemberian penghargaan dari Kementrian Ketenagakeraan. Beliau mewakili Puspita Martha menerima penghargaan sebagai Training Center (TC) Asian Skills Competition XII Kejuruan Hair Dressing.

Selamat dan maju terus generasi Indonesia!