15 Tahun I La Galigo Bersama PAC Martha Tilaar

image

Menjadi salah satu karya sastra terbesar Indonesia yang telah diakui dunia sebagai Memory of the World oleh UNESCO, I La Galigo pun dipentaskan di Indonesia. I La Galigo merupakan sebuah pementasan musik-teater yang naskahnya diadaptasi dari Sureq Galigo atau dikenal juga dengan La Galigo dari Sulawesi Selatan dan telah dipentaskan ke berbagai kota di belahan dunia seperti Singapura, New York, Amsterdam, Paris, Melbourne, Barcelona, Italia, dan Milan. Di bulan Juli ini, I La Galigo arahan sutradara teater asal Amerika Robert Wilson pun akhirnya kembali tampil di Indonesia selama 4 hari yaitu pada tanggal 3, 5, 6, dan 7 Juli 2019, tepatnya di Ciputra Artpreneur, Jakarta.

Sureq Galigo ditulis pada abad ke-13 dan ke-15 dalam bentuk puisi berbahasa Bugis kuno. Dalam adaptasi naskah panggung ini, Sureq Galigo menjadi dasar dari sebuah kisah yang menggambarkan petualangan perjalanan, peperangan, kisah cinta terlarang, pernikahan yang rumit, dan pengkhianatan. Karya musik-teater I La Galigo ini diceritakan lewat tarian, gerak tubuh, soundscape dan penataan musik gubahan maestro musik Rahayu Supanggah. Selama dua jam, penonton pun dimanjakan dengan cerita yang dinamis, tata cahaya yang memukau dan tata panggung yang spektakuler.

Menyempurnakan pertunjukan musik-teater I La Galigo ini, PAC Martha Tilaar terus konsisten mangambil bagian sebagai official makeup partner bagi semua pemain yang terlibat. Di bawah arahan Makeup Director dari Puspita Martha International Beauty School yaitu Lucia Tan, tokoh pemain I La Galigo pun semakin ekspresif dalam memainkan perannya. Tentu bukan hal sederhana ketika tim makeup ingin memberikan sentuhan terbaiknya karena untuk itu mereka memerlukan kerja sama dan koordinasi yang baik dengan sutradara serta penata cahaya. Meskipun begitu, PAC Martha Tilaar berhasil mewujudkan harapan sutradara dalam penciptaan karakter bagi para tokoh I La Galigo. Tidak hanya dalam penampilan kali ini, tetapi sejak penampilan I La Galigo yang pertama di tahun 2004 dan seterusnya.