Peluncuran Buku Perempuan Parlemen Dalam Cakrawala Politik Indonesia

image

Kamis lalu (05/06/13), bertempat di Gedung Nusantara V Gedung DPR/MPR RI, sebuah buku berjudul ?Perempuan Parlemen Dalam Cakrawala Politik Indonesia? yang disusun oleh dua tokoh nasional yaitu Gusti Kanjeng Ratu Hemas dan DR. (HC) Martha Tilaar. Meski memiliki latar belakang yang berbeda, Gusti Kanjeng Ratu Hemas adalah Wakil Ketua DPD RI sedangkan DR. (HC) Martha Tilaar adalah Founder & Chairwoman Martha Tilaar Group, namun kedua penyusun memiliki kepedulian yang sama bagi peningkatan keterwakilan dan kualitas perempuan di ranah parlemen.


?Melalui buku ini, saya berharap perempuan Indonesia dapat lebih berani berkiprah di dunia politik,? ujar DR. (HC) Martha Tilaar. Harapan tersebut muncul karena melihat fenomena dunia politik yang masih didominasi oleh kaum pria.

Peluncuran buku yang juga dihadiri oleh undangan dari kalangan DPR, DPD dan DPRD serta para aktivis perempuan dan politik ini ditandai dengan penyerahan buku oleh Gusti Kanjeng Ratu Hemas dan DR. (HC) Martha Tilaar kepada Wakil Ketua MPR, Melani Leimena Suharli, Mentri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Agum Gumlelar, dan sejumlah anggota DPR, DPD dan DPRD.

Buku yang terdiri dari dua bagian ini menjelaskan detil mengenai dinamika, peluang, dan tantangan perempuan parlemen di setiap daerah. Lebih jauh, bagian pertama menjelaskan substansi dan pembahasan Konsolidasi Nasional Jaringan Kaukus Perempuan Parlemen Se-Indonesia, sedangkan bagian kedua memaparkan profil perempuan parlemen dari 33 provinsi Indonesia.


Selain peluncuran buku, hari itu diadakan pula talkshow dan sofllaunching Website Jaringan Perempuan Parlemen. Talkshow ini menghadirkan tiga orang pembicara yaitu Gusti Kanjeng Ratu Hemas dengan topik Masa Depan Perempuan Parlemen, DR. (HC) Martha Tilaar dengan topik Sisi Lain Pemberdayaan Perempuan, dan Ani Sutjipto dengan topik Perempuan Parlemen dan Demokratisasi di Indonesia.