Bangun Lingkungan Kerja yang Nyaman  dan Produktif PT. Martina Berto terapkan 5R

image

Setiap perusahaan tentu menginginkan lingkungan kerja yang bersih dan rapi karena lingkungan kerja yang tidak kondusif dapat menyebabkan penurunan produktivitas dan ketidakefisienan dalam bekerja. Sebagai perusahaan yang bergerak di industri manufaktur, PT Martina Berto Tbk tak hanya memiliki standar kualitas produksi, namun juga standar lingkungan kerja untuk mendukung kinerja para karyawannya. Untuk membangun lingkungan kerja yang nyaman dan produktif tersebut, PT Martina Berto Tbk pun  menerapkan budaya 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin).

Apa itu 5R?

5R merupakan metode yang diadaptasi dari metode 5s (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke) yang digunakan perusahaan-perusahaan Jepang dalam mencapai keberhasilan manajemen produksi. Pengertian dari 5R itu sendiri adalah sebagai berikut :

1. Ringkas : Pilah dan pisahkan barang yang tidak perlu 
2. Rapi : Lakukan penataan di tempat kerja
3. Resik : Jaga kebersihan di tempat kerja
4. Rawat : Pelihara kondisi ringkas, rapi dan resik di tempat kerja
5. Rajin : Biasakan ringkas rapi dan resik setiap saat

Penerapan 5R di Lingkungan PT Martina Berto Tbk

PT Martina Berto Tbk menerapkan 5R dalam rangka pengendalian risiko yang berkaitan dengan kegiatan kerja sehingga terciptanya tempat kerja yang aman, efisien, dan produktif. Tujuannya untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas di lingkungan kerja. Untuk melibatkan seluruh karyawan, penerapan ini dilakukan perusahaan dengan mengadakan perlombaan 5R yang diikuti oleh semua divisi dalam perusahaan. PT Martina Berto Tbk percaya, lingkungan kerja yang baik akan tercapai apabila penerapan 5R dilakukan secara disiplin dan rutin karena hal ini merupakan tanggung jawab bersama.